PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ILLO CAKE PATTISERIE & BISTRO DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.7Keywords:
Inovasi Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Seiring dengan perubahan zaman, pola hidup masyarakat kota mengalami beberapa perubahan, salah satu pola hidup masyarakat kota di era industry 4.0 sekarang adalah kebiasaan meluangkan waktu di tempat makan yang memiliki suasana yang menyenangkan. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan melakukan Inovasi produk berupa makanan dan minuman sehinga konsumen diharapkan mendapat kepuasan tersendiri ketika berada di tempat tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung di Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil dalam penelitian ini menunjukan Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima.
Downloads
References
Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia
Antanegoro, R. Y., Surya, D., & Sanusi, F. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol. 1 (2), 167-178
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Atalay, M., N, A., & F, S. (2013). The Relationship Between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 75, 225-235.
Cynthia Vanessa Djodjobo, Hendra N Tawas. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, “Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3, September. Hal. 1214- 1224. ISSN 2303-1174””
Fillayata, V, E, Mukaram. 2020. Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen
(Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung). Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National SeminarBandung, 26-27 Agustus 2020
Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta
Hill, N., Brierly, J., & MacDougall, R. (2017). How to Measure Customer Satisfaction. New York: Routledge
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta; Erlangga
Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). JEAM Vol XII No. 1, 64-79
Sumarwan, U. (2008). Perilaku Konsumen ;Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ismunandar Ismunandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.