PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ILLO CAKE PATTISERIE & BISTRO DI KOTA BIMA

Authors

  • Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.7

Keywords:

Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Seiring dengan perubahan zaman, pola hidup masyarakat  kota mengalami beberapa perubahan, salah satu pola hidup masyarakat kota di era industry 4.0 sekarang adalah kebiasaan meluangkan waktu di tempat makan yang memiliki suasana yang menyenangkan. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan melakukan Inovasi produk berupa makanan dan minuman sehinga konsumen diharapkan mendapat kepuasan tersendiri ketika berada di tempat tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui  apakah terdapat pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung di Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil dalam penelitian ini menunjukan Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia

Antanegoro, R. Y., Surya, D., & Sanusi, F. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol. 1 (2), 167-178

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Atalay, M., N, A., & F, S. (2013). The Relationship Between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 75, 225-235.

Cynthia Vanessa Djodjobo, Hendra N Tawas. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, “Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3, September. Hal. 1214- 1224. ISSN 2303-1174””

Fillayata, V, E, Mukaram. 2020. Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen

(Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung). Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National SeminarBandung, 26-27 Agustus 2020

Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Hill, N., Brierly, J., & MacDougall, R. (2017). How to Measure Customer Satisfaction. New York: Routledge

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta; Erlangga

Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). JEAM Vol XII No. 1, 64-79

Sumarwan, U. (2008). Perilaku Konsumen ;Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Downloads

Published

2021-01-18