FASILITAS, AKSESIBILITAS DAN DAYA TARIK WISATA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PANTAI SAWARNA KABUPATEN LEBAK

Authors

  • Wawan Endang Sudarwan Universitas Bina Bangsa
  • Surti Zahra Universitas Bina Bangsa
  • Mohamad Bayi Tabrani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.29

Keywords:

Fasilitas, Aksesibilitas, Daya Tarik Wisata, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Keberhasilan dalam bisnis pariwisata yang paling mudah diamati adalah bertambahnya jumlah kedatangan wisatawan. Pertambahan jumlah wisatawan dapat terwujud jika wisatawan yang telah berkunjung merasa puas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, aksesibilitas, dan daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak.Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Sawarna yang berusia minimal 17 tahun. Metode pengambilan sampel adalah insidential sampling, jumlah sampel sebanyak 160 sampel.Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas, aksesibilitas, dan daya tarik wisata secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Wisatawan Nusantara 2018 - Domestic Tourism Statistics 2018. (Jakarta : BPS RI)

Cochran, William G.. 1965. Sampling Techniques. New York : Jhon Willey & Sons, Inc.

Gunawan, Ce. 2018. Mahir menguasai SPSS (Mudah Megelola Data dengan IBM SPSS Statistic 25. Yogyakarta: Deepublish..

Hadiwijowo, Suryo Sakti2018. Perencanaan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Yogyakarta : Suluh Media.

Hair, J. F., Rolph, E., Anderson, R.L., Tatham, & William C,B, (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice-Hall International, Inc., dikutip langsung oleh Widayanti, Cristina Catur. Anteseden dan Konsekuensi Dari Sikap Wisatawan Terhadap Tempat Wisata. Disertasi Doktor Manajemen, Universitas Mercu Buana, 2020

Kabar6. (https://kabar6.com/tahun-ini-pad-sektor-pariwisata-kabupaten-lebak-ditarget-rp259-juta/), diakses pada 20-03-2020

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan,PDF. (https://www.kemendagri.go.id/page/read/40/permendagri-no137-tahun-2017), diakses pada 18-10-2018

Nurfalah, A. A., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN: Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 di Pandeglang Banten. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 313-318.

Pantai Sawarna. (https://www.sawarna.net/), diakses pada 2016.

Payangan, Otto R. 2014. Pemasaran Jasa Pariwisata. Bandung: IPB Press.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009, No. 11. Jakarta : Sekertariat Negara

Priyanto, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Cetakan I. Yogyakarta : Gava Media.

Puspa, R., Permana, A., & Karunia, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET K-STORE KRAKATAU JUNCTION. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 208-216.

Soekadijo, R.G. 2003. Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta : PT. Pradaya Paramita

Sudarwan, Wawan Endang. 2020. Hasil Wawancara dengan Ibu Holisoh S.A.P.“Pengelola Destinasi Wisata Sawarna”. Wawancara (WhatsApp), Pra-Riset, 21 Mei 2020

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidag manajemen dan ekonomi islam.. Jakarta : Prenadamedia Group.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta : Andi

Utama, I. Gusti Bagus Rai.. Pengantar Industri Pariwisata. 2016. Yogyakarta: Deepublish,

Downloads

Published

2021-01-23