PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN

Authors

  • Fajrini Erinawati Universitas Mercu Buana
  • Afriapollo Syafarudin Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Keputusan

Abstract

Kepuasan konsumen didalam menghapati persaingan yang semakin ketat, di mana banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang meyertakan komitmennya terhadap kepuasan konsumen dalam penyertaan. Kunci utama memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing. Dunia pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya sekolah menengah kejuruan yang dibuka, persaingan dalam mendapatkan siswa terus terjadi, disatu sisi masyarakat semakin banyak pilihan namun disisi lain banyak sekolah menengah kejuruan yang mengenyampingkan kualitas, bagi sekolah menengah kejuruan yang merasa berkualitas dan berpengalaman memasang biaya yang cukup mahal namun kemudian persoalan kesulitan mendapat siswa menjadi masalah baru. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis Kualitas Pelayanan, Responden penenlitian ini menggunakan 100 sampel responden, alat yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis PLS (Partial Least Square). Hasil analisis penelitian ini yaitu pengaruh  kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap pengambilan keputusan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfred, O., 2013. Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study. European Journal of Business and Management , Volume 5, No. 1.

Ali,Hapzi,Anggita,Rizza(2017).TheInfluenceofProductQuality,Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). Scholars Bulletion. Vol 3, No.6.

Ali, R. K. &. H., 2016. Analysis Of Servequal and Product Quality Effects on Customer Satisfaction In Retail (A Field Research In Giant Citra Raya). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) , 18(10).

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar- Dasar Pemasaran, Jilid 1 Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Jakarta : Penerbit Prenhalindo.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin, 2007. Validitas dan Reliabilitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baruna Hadi Brata, S. H. ,. H. A., 2017. The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B).

Carunia Mulya Firdausy, R. I., 2017. Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta,. International Journal of Management Science and Business Administration,3(2).

Chih-Hsing Sam Liu a, T. L., 2015. Service Quality and Price Perception Of Service: Influence On Word-Of-Mouth and Revisit Intention Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peningkatan persepsi harga layanan sebagai akibat dari peningkatan WOM penumpan. Journal of Air Transport Management.

Daud, D., 2012. Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT. BESS Finance Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, Volume 1, No. 4.

Dian Yunita, H. A., 2017. Model of Purchasing Decision (Renting) of Generator Set: Analysis of Product Quality, Price an Service at PT. Hartekprima Listrindo. Scholars Bulletin, 4(7).

Ginting, S. W. &. M., 2017. The Impact of Product Quality, Price and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. Journal of Business Management and Accounting, Volume 1, No. 1.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS), Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadibrata, H. A. &. B., 2015. One Stop Services : Quality Of Service and Accessibility To The Investor Loyalty : The Invesement Coordinating Board. International Journal Of Bisnis. International Journal of Business and Commerce , Volume 6, No. 1.

Hair, J.F., R.F. Anderson, R.L. Tatham dan W.C. Black. (1995). Multivariate Data Analysis with Readings, 4th Edition, New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Hakim, A. K. & Pramudana, K. A. S., 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di PT Banyumas. Prosiding Seminar Nasional AIMI.

Hamdani, A (2010), Manajemen Pemasaran Jasa. PT.Salemba Empat Jakarta.

Hanifah, Ali, Kasmo, Prayoga, Bowo, Arief (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Brand Image pada Pengambilan Keputusan Menjadi Mahasiswa Mercu Buana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisinis, Vol 2, No. 2.

Hapzi Ali, K. I., 2018. Model of Purchase Decision: Product Quality, Price, Promotion and Brand Awareness (Case Study of Teh Botol Sosro Products at Giant Mall Permata Tangerang). Scholars Bulletin , 4(7).

Harja, R. d. G. E. B., 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, Volume 8, No. 2.

Haryanto, R. A., 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA , Volume 1, No. 4.

Haryanto, Resty Avia (2013). “ Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran Mc. Donalds Manado”. Jurnal EMBA 1465 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1465-1473. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Heizer, Jay. Render, Barry (2010). Manajemen Oprasi. Jilid 1. Edisi 9. Salemba Empat.Jakarta

Herawati, S. D. W. P. K., 2019 . Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality and Price Through Purchase Motivation. Journal of Economic Education.

Hertati.L , Zarkasy.W, Adam.M., Umar.H, Suharman.H.(2020). Decrease in Labor Levels in the Covid-19 Government Budget. Ilomata International Journal of Tax & Accounting. 1 ( 4) . 193-209

Hertati.L, Syafarudin.A, Safkaur.O. Fery.I. 2020. Peran Manajemen Perubahan Pada Akuntansi Manajemen Strategis Akibat Virus Corona . Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi 1 (2). 201-216.

Hertati.L, Iriadi2 , Safkaur.O, Fery.I., Antasari.R Nazarudin.(2020). Peran Akuntansi Aktiva Tetap, Standar Akuntansi Keuangan Terhadap Laporan Keuangan Akibat Covid-19. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi 1 (2).182-200

Hertati.L.Safkaur.O.(2020). Dampak Revolusi Industri 4.0 Era Covid-19 Pada Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan keuangan 8 (3), 2020, 503-518

Irawan, Handi (2009) 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Junio Andreti, N. H. Z. S. S. A. S. K., 2013. The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6).

Kaplan, Robert M & Dennis P. Saccuzzo, 1993. Psycological Testing Principles, Application, and Iissues, California: Brooks/Cole Publishing Company, Pasific Group.

Kasmo, A. H. &. A. B. P., 2016. Pengaruh Promosi Terhadap Brand Image Pada Pengambilan Keputusan Menjadi Mahasiswa Mercu Buana. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Volume 2, No. 2.

Kotler dan Keller (2012) Marketing Management 14 th Edition. Global edition Person Prentice Hall di terjemahkan oleh Narulita (2016)

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran edisi millennium jilid 2, alih bahasa Hendra Teguh, dkk. Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2013). Marketing, Planning, Implementing and Analyzing, Millennium Edition. Prentice Hall.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Krisno, Daniel & Prof. Hatane Samuel S.E, M.Si. (2013). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 1.

Lestari.R & Hertati.L.(2020). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. KAJIAN AKUNTANSI. 21(1)1-12

Kristyaymoko, Yulius. dan Andjarwati, Anik. (2013). Jurnal Ilmu Manajemen: Pengaruh Persepsi Kualitas dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tablet Samsung.

Mariana. (2015). Pengaruh Kualitas Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Industry UKM Amplang UD. Sinar Rejeki di Samarinda. ejurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 3, No. 2.

Muhammad Fajar Fahrudin, E. Y., 2015. Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, Volume 5, No. 1.

Muhammad Fazrir Arfan, P. D. A. F. D. E. S. R., 2019. The Effect of Promotion, Price Perception and Product Quality on Purchasing Weaving Decisions on Consumers of Raki Weaving Assisted by Deli Serdang Cooperative Service. International Journal of Research and Review, 6(7).

Ngadino Surip, S., 2014. Analisis Pengaruh Marketing mix Terhadap Keputusan Pembelian Reagen Kimia Aldirich. Jurnal SWOT, Volume 6, No. 2.

Noro Fajar Prianggoro, P. D. A. S. M., 2019. Effect Of Service Quality and Promotion on Purchase Decisions and Their Implications on Customer Satisfaction. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(6).

Oliver, R. (2010) “Whence Consumer Loyalty?” Journal of Marketing, 63 (Special Issue): 33-34.Perason Education

Prasetyo, A. N. L., 2018. Analysis of Brand Image, Company Image and Promotion towards Purchasing Decisions and Its Implications on Consumer Satisfaction in the Veterinary Medicine Industry PT. XYZ. Saudi Journal of Business and Management Studies (SJBMS).

Ranggkuti, Freddy. (2010). Riset Pemasaran. Edisi ke 8. PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

Reza Dimas Sigit P & Farah Oktafani SE, M., 2014. Effect On The Quality Of Costumer Satisfaction Futsal Field Service User (Case Study in IFI Futsal Bandung).

Riyono, Harja, Budi, Erlik, Gigih. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Aqua di kota Pati. Jurnal STIE Semarang. Vol 8, No. 2.

Samosir, Halomoan, Bernando, Charlie, Prayoga, Bowo, Arief. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. jurnal Ilmiah Manajemen Bisns. Vol.1, No.2

Sandhy Nor Pramono, A. K. ,. S. M., 2011. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Kasus Pada Konsumen diKelurahan Gajahmungkur Semarang).

Santoso, Singgih (2018) Kosep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta

Syaparudin.A & Hertati.L.(2020). Penerapan Human Capital, Kualitas Pelayanan Pada Sistem Informasi Manajemen. @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Volume 5, Nomor 1 (2020) Hal. 31-45

Safkaur.O, & Hertati.L.(2020). Perubahan Struktur Modal Menyebabkan Perubahan Kinerja Keuangan Jurnal Ekonomi Dan Perbankan 9(2) 94-105

Setyarko, Y., 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Volume 5, No. 2.

Sigit,Dimas,Sigit.Oktafani,farah(2014).PengaruhKualitasLayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Studi Kasus pada IFI Futsal.Bandung) jurnal Universitas Indonesia

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendiidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafarudin, A., 2020. The Impact Of Aligning Successful Application Of Market Orientation On E-Commerce’s Service Quality Strategy : The Case of Starred Hotel Visitors On The Indonesian Islan Of Sumatera Proposing conceptual framework. International Journal of Economics, Commerce and Management, 8(2).

Syaparudin.A & Hertati.L.(2020). Penerapan Human Capital, Kualitas Pelayanan Pada Sistem Informasi Manajemen. @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Volume 5, Nomor 1 (2020) Hal. 31-45

Syafarudin.A. (2016). Strategy of leadership and innovation in improving company performance adgainst competitive advantage, international journal of economics, commerce and management. International Journal of Economics, Commerce and ManagementUnited Kingdom. 4 (6) 471-482.

Syafarudin.A, Mulyana.B.(2019). Formulation Strategy of PT. Bandara Internasional Jawa Barat Bandung Indonesia, Kertajati in Business Aerocity (Aerotropolis). International Review of Management and Marketing, 2019, 9(3), 106-111

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2016). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta.

Widagdo, H., 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer Pada PT. XYZ. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan, Volume 1.

Yunita, Ali, Hapzi (2017). Analysis of Product Quality, Price an Service at PT. Hartek Prima Listrindo.Scholares Journal of Economics.Business and Management.Vol 4.Page 833-841

Zikmund, Babin (2013). Riset Pemasaran. Jilid 2. Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-23