PENGARUH KOMPENSASI DAN KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI MA AL-KHAIRIYAH PONTANG KABUPATEN SERANG

Authors

  • Ubay Haki Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.1

Keywords:

Prestasi Kerja, Kompensasi, Kebutuhan Aktualisasi Diri

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kompensasi (x1) terhadap prestasi kerja guru (y), pengaruh kebutuhan aktualisasi diri (x2) terhadap prestasi kerja guru (y) dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi (x1) dan kebutuhan aktualisasi diri (x2) secara bersama-sama bepengaruh terhadap prestasi kerja guru (y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan pendekatan kuantitatif korelasi dan regresi. Jumlah sampel38 orang yang diambil dari tenaga pengajar yang ada di MA Al-Khairiyah Pontang. Adapun metode pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompensasi (x1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja (y) yang dibuktikan dengan koefesien korelasi variabel kompensasi (x1) dengan nilai uji rhitung sebesar 0,807 > rtabel 0,320, adapun variabel kebutuhan aktualisasi diri memilik rhitung sebesar 0,875 yang nilainya lebih besar dari rtabel 0,320. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kebutuhan aktualisasi diri (x2) terhadap prestasi kerja guru (y). berdasarkan uji f menunjukan bahwa nilai probabilitas < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Artinya terdapat pengaruh positif antara kompensasi (x1) dan kebutuhan aktualisasi diri (x2) terhadap prestasi kerja guru (y).Kesimpulan penelitian berdasarkan perhitungan di atas maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi dan kebutuhan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama kompensasi dan kebutuhan aktualisasi diri mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi kerja guru MA Al-khairiyah Pontang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saweduling Paulus . 2013, Motivasi Kerja, Kompensasai, Pelatihan Dan Pengembangan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Prestasi Kerja Guru SMP Di Kabupaten Kepulauan Taulud. dalam Jurnal EMBA Vol. 1 No.4 ISSN 2303-1174. Manado 2013.

Junianto D, Wagiran. 2013, pengaruh kinerja Mengajar Guru Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi dalam Jurnal Pendidikan vokasi, Vol.3 No.3 Gunungkidul 2013.

Purwanti C, Kailola Gracia L .2016, Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru Lokal Di Global Jaya International School dalam Jurnal Vol.5 No. 2. Bintaro Jaya Tangerang 2016.

Saptarini A, Purwanto. 2016, Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri Dan Penghargaan Terhadap Prestasi Kerja Dosen Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu dalam Jurnal Ekonomi Manajemen Vol. 07 No. 02 ISSN 2087-0434 Lampung, 2016.

Jamaluddin Al Afghoni M.N, Wahyudi A. 2011, Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening dalam Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 5 No. 1 Kabupaten Grobogan, 2011

Hidayat, A., & Dayono, B. T. (2020). KAJIAN INTENSI NPL (NET PERFOARMING LOAN) DAN NIM (NET INTEREST MARGIN) TERHADAP LABA BERSIH. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 1(2), 254-259.

Downloads

Published

2021-01-18